Evolusi dan
Kinerja Komputer
Menurut Wikipedia Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan, komputer adalah suatu
perangkat keras yang sangat berkaitan dengan teknologi. komputer mampu membantu
berbagai pekerjaan manusia. Komputer memiliki fungsi dan struktur tersendiri.
Komputer dapat berfungsi untuk pengolahan data, penyimpanan data, pemindahan
data dan kontrol. Sedangkan struktur adalah cara komponen-komponen dalam sebuah
komputer saling terikat. Seperti inilah gambaran struktur komputer.
· Organisasi Komputer
Organisasi Komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya
yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
· Arsitektur Komputer
Arsitektur berkaitan dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak(visible)
bagi seorang pemrogram, yaitu atribut-atribut yang memiliki dampak langsung
pada eksekusi logis sebuah program.
Evolusi Komputer
1. Generasi
Pertama
Ciri umum komputer generasi pertama:
Menggunakan tabung hampa (Vaccum Tube)
·
Program dibuat dalam bahasa mesin
·
Memori utama dibuat dengan teknologi magnetic
core storage
·
Ukuran fisik komputer besar
·
Membutuhkan daya listrik besar
Contoh Komputer Generasi Pertama:
1. ENIAC(Electronic
Numerical Integrator And Computer)
2. Mesin
Von Newmann(Komputer IAS)
3. UNIVAC(Universal
Automatic Computer)
2. Generasi
Kedua
Ciri umum komputer generasi kedua :
·
Teknologi dasar rangkaiannya berupa transistor
·
Menggunakan bahasa pemrograman fortran, cobol,
Algol
·
Menggunakan memori sekunder berupa magnetic tape
·
Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer
generasi pertama
·
Membutuhkan daya listrik yang lebih kecil
3. Generasi
Ketiga
Ciri umum komputer generasi ketiga :
·
Teknologi dasar pembangun rangkaian yang
digunakan adalah IC (Integrated Circuit)
·
Layar monitor dapat menampilkan gambar dan
grafik
·
Menggunakan magnetic tape sebagai memori
sekunder
·
Memiliki fitur jaringan
·
Penggunaan daya listrik lebih hemat
4. Generasi
Setelahnya
Setelah generasi ketiga perkembangan komputer didasarkan
pada perkembangan IC (integrated Circuit)
·
SSI (Small Scale Integration) Sampai 100
komponen elektronik per chip
·
MSI (Medium Scale Integration) 100-3000 komponen
elektronik per chip
·
LSI (Large Scale Integration) 3000-100000
komponen elektronik per chip
·
VLSI (Very Large Scale Integration) 100000-1
juta komponen per chip
·
ULSI (Ultra Large Scale Integration) Lebih dari
1 juta komponen per chip
Perancangan dan Kinerja Komputer
Kinerja sebuah sistem komputer merupakan hasil proses dari
seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder,
bus, peripheral. Teknik-teknik untuk menigkatkan kinerja komputer antara lain
yaitu : Branch prediction, Data flow analysis, dan Speculative execution.
Bus-Bus System
- CPU
Register-register yang terdapat dalam CPU yaitu:
1. MAR(Memory Address
Register)
2. MBR(Memory Buffer
Register)
3. PC(Program Counter)
4. I/O AR(I/O Address
Register)
5. I/O BR(I/O Buffer
Register)
6. IR(Instruction
Register)
7. AC(Accumulator)
- Modul
I/O
Berfungsi untuk memindahkan data dari perangkat eksternal ke
CPU dan sebaliknya
Modul ini berisi buffer internal untuk menampung data ini
sementara sampai data itu dikirimkan.
- Fungsi
Komputer
Fungsi dasar komputer adalah eksekusi program, program yang
akan dieksekusi oleh CPU ada di dalam memori. Ada 2 langkah pengambilan
instruksi:
1. CPU membaca instruksi
yang ada di memori (fetch)
2. CPU mengeksekusi
setiap program
- Siklus
Fetch
Pada CPU yang umum, suatu register PC dipakai untuk
mengawasi instruksi yang akan dibaca selanjutnya, kemudian dimuatkan kedalam
IR(Instruction Register). CPU ketika menginterpretasikan instruksi dibagi
menjadi 4 kategori, yaitu:
1. CPU --- Memori
2. CPU --- I/O
3. Pengolahan data
4. Control
- Interrupts
Interrupt disediakan terutama sebagai cara untuk
meningkatkan efesiensi pengolahan, karena sebagian besar perangkat eksternal
jauh lebih lambat di bandingkan prosessor.
Interrupt & Siklus Instruksi
Dengan memakai interrupt, processor dapat dipakai dalam
mengeksekusi instruksi-instruksi lain operasi I/O yang sedang dilaksanakan,
ketika perangkat eksternal telah siap untuk dilayani, maka modul I/O untuk
perangkat eksternal itu mengirimkan signal interrupt request ke processor.
Prosessor menanggapinya dengan menahan operasi program yang
sedangdi lakukannya, mencabangkannya ke suatu program untuk melayani perangkat
I/O itu, yang di kenal dengan Interrupt Handler, dan kembali melaksanakan
eksekusi mula.
Multiple
Interrupt
1. Dengan tidak
mengijinkan terjadinya interrupt lain pada saat suatu interrupt sedang
diproses.
2. Dengan mendefinisikan
prioritas bagi interrupt dan mengijinkan interrupt berprioritas tinggi
menyebabkan interrupt handler yang berprioritas lebih rendah untuk
menginterupsi diri sendiri.
Fungsi I/O
Sebuah I/O dapat bertukar data secara langsung dengan CPU,
serta dapat bertukar data secara langsung dengan memori.
Struktur Interkoneksi
Struktur interkoneksi harus mendukung jenis perpindahan
berikut ini:
1. Memori ke CPU
2. CPU ke memori
3. I/O ke CPU
4. CPU ke I/O
5. I/O ke memori atau
memori ke I/O
Interkoneksi Bus
Bus adalah media transmisi yang dapat digunakan bersama.
Bila dua buah perangkat melakukan transmisi dalam waktu yang bersamaan, maka
signal-signalnya akan bertumpnag tindih dan menjadi rusak.
Struktur Bus
Bus-bus yang menghubungkan komponen utama system (CPU,
Memori, I/O) disebut dengan Bus System. Biasanya bus system terdiri dari 50-100
saluran terpisah.
Klasifikasi Bus
- Saluran data
- Saluran alamat
- Saluran control
- Elemen-Elemen
Rancangan Bus
A. Jenis
1. Dedicated: di
dedicated secara permanen diberi sebuah fungsi atau subset fisik
komponen-komponen komputer.
2. Multiplexed: metode
penggunaan saluran yang sama untuk berbagai keperluan.
Keuntungan :
1. Dedicated: thoughput
yang tinggi, karena terjadi kemacetan yang kecil
2. Multiplexed:
memerlukan saluran yang sedikit menghemat ruang dan biaya
Kerugian :
1. Dedicated:
meningkatnya ukuran dan biaya system
2. Multiplexed: ragkaian
lebih kompleks, terjadi penurunan kinerja, karena event-event tertentu yang
menggunakan saluran bersama-sama tidak dapat berfungsi secara parallel
B. Metode Arbitrasi
1. Tersentralisasi
2. Terdistribusi
C. Timing
1. Synchronous
2. Asynchronous
D. Lebar Bus
Semakin lebar bus data, semakin besar bit yang dapat di
transfer pada suatu saat. Semakin lebar bus alamat, semakin besar range lokasi
yang dapat di referensi.
- Jenis
Data Transfer
. Read
. Write
. Read modify write
. Read after write
. Blok
- Bus
PCI(Peripheral Component Interconnect)(1990)
Merupakan bus yang tidak tergantung processor dan
berbandwidth tinggi yang dapat berfungsi sebagai bus mezzanine/bus berkecepatan
tinggi.
- Future
Bus+
Future Bus+ adalah standard bus asinkron yang berkinerja
tinggi.
- Perbedaan
PCI dan Future bus+
1. PCI ditujukan bagi
implementasi murah yang membutuhkan bidang fisik secara minimal
2. Future bus+
dimaksudkan untuk memberikan fleksibilitas yang tinggi dan fungsionalitas yang
luas untuk memenuhi kebutuhan berbagai system yang berkinerja tinggi terutama
system-sistem yang mahal.
Tugas Soal 1 & 2

Post a Comment